Selasa, 04 Agustus 2009

Mbah Surip Sudah Akhiri Menggendong


Mbah Surip masih menyimpan sejumlah keinginan sebelum meninggal. Salah satunya, ingin pulang kampung. Ia ingin berziarah ke makam orang tuanya. Namun sebulan sebelum rencana Mbah Surip terwujud, Tuhan lebih dulu memanggilnya.

Pemilik suara ngerok ini ingin pulang ke Mojokerto, Jawa Timur, setelah lebaran. "Saya ingin menjenguk makam orang tua dan saudara saya di sana," kata Mbah Surip saat ditemui di Parkir Timur Senayan, Jumat (31/7/2009) atau 5 hari sebelum meninggal.

Mbah Surip meninggal pukul 10.30 WIB, Selasa (4/8/2009), setelah dilarikan di Rumah Sakit Pusdikkes, Jakarta Timur. Belum diketahui apa penyebab meninggalnya penyanyi berambul gimbal ini.

Sedang Nadine Chandrawinata Punya Feeling atau firasat, ia terus gelisah. Jika kegelisahan itu datang, biasanya ada yang meninggal atau kecelakaan.
Kemarin (3/8/2009) Nadine merasakan kegelisahan yang sangat dalam. Bahkan teman-temen Nadine melihat sikap yang berbeda darinya.

"Teman-teman aku tanya, kenapa aku gelisah. Aku juga bingung, eh taunya Mbah Surip meninggal," kata Nadine saat ditemui di FX, Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2009).

Bukannya Nadine mempunyai indra keenam, namun hal tersebut kerap terjadi semenjak dirinya masih kecil. Tapi Nadine tak mau ambil pusing dan tetap menjalani hidupnya dengan normal.

Nadine sudah tiga kali bertemu dengan penyanyi bergaya Rasta itu. Setiap bertemu, Nadine selalu diberi nasihat oleh Mbah Surip. "Aku sering dikasih nasihat, aku disuruh sharing sama teman-teman. Aku juga disuruh kejar cita-cita, dan jangan takut," lanjut Nadine.

Mbah Surip dimakamkan tepat di bawah rindangnya pohon jengkol setinggi 2 meter di Pemakaman Bengkel Teater, Citayam, Depok, Jawa Barat. Lubang berukuran 2x1 meter itu persis berada di bawah pohon jengkol.

Pelantun lagu 'Tak Gendong' itu disemayamkan di Aula Bengkel Teater milik penyair WS Rendra itu dan memang disana ada sejumlah makam, kurang lebih 5 pusara.

Yang sangat mengharukan Mbah Surip yang batal menjadi wali nikah putrinya, namun jenazah Mbah Surip menjadi saksi pernikahan putrinya hal ini dilakukan karena ajal lebih dahulu menjemputnya. Mbah Surip diketahui memiliki 4 orang anak, Tita (27), Varid (25), Risna alias Krisna (24), dan Ivo (22).

Ketika jenazah Mbah Surip disemayamkan di rumah pelawak Mamiek, terdengar lagu 'Tak gendong' dikumandangkan sejumlah orang. "Tak gendong ke mana-mana, tak gendong ke mana-mana," begitu suara anak-anak seraya tertawa menyanyikan hits 'Tak Gendong' di halaman rumah Mamiek Prakoso di Jalan Kampung Makassar, Jakarta Timur, Selasa (4/8/2009).

Kebanyakan anak-anak itu adalah warga sekitar jalan Kampung Makassar kediaman Mamiek. Sebagian juga dibawa oleh pelayat. Sontak suasana haru pun sejenak tergantikan dengan senyuman pelayat Mbah Surip yang berjubel. Jenazah Mbah Surip sudah dibawa ke Pemakamaan Bengkel Teater, Citayam, Depok, Jawa Barat sekitar pukul 14.35 WIB.(yahoo.com,/detik.com/sudi.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar